_

PSI Jaring Bacaleg Yang Memiliki Pemahaman Pancasila

HNCK8306-730x487

Waktoe.com-YOGYAKARTA, Setelah dinyatakan lolos sebagai partai politik peserta pemilu 2019, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) segera akan melakukan penyeleksian bakal calon legislatif (Bacaleg).

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPW PSI DIY Sigit Nugroho saat mengelar jumpa pers terkait lolosnya PSI sebagai parpol peserta pemilu 2019 mendatang, Selasa (20/02) bertempat di Goebog Resto Yogyakarta.

"Setelah lolos menjadi peserta pemilu, PSI masih membuka pendaftaraan untuk bacaleg hingga tanggal 31 Maret 2019," ungkapnya.

Dalam penyeleksian bacaleg tersebut terbagi atas beberapa tahapan, yang pertama pemberkasan, pengecekan administrasi, dan penjurian. "Dalam seleksi bacaleg kami sengaja mengundang praktisi di luar partai sebagai juri yang akan menyeleksi bacaleg," katanya.

Sigit juga menjelaskan beberapa kriteria untuk menjadi bacaleg di partai yang digawangi oleh Grace Natalie ini. "Yang pertama bacaleg harus toleran, berkomitmen anti korupsi, dan memiliki pemahaman tentang Pancasila," jelasnya.

Sedangkan untuk standarisasi pendidikan formal, PSI tidak membatasi hal tersebut. "Kalau nanti ternyata ada bacaleg yang hanya lulusan SMA lebih berkompeten dari yang berpendidikan Sarjana, kenapa tidak," pungkasnya.

Penulis DEWI RATIH | ch.dewiratih@gmail.com

Editor CH DEWI RATIH KPS
views