_

RSUD Ahmad Ripin Tolak Bantuan UTD

Disaat yang lain berupaya mendapatkan bantuan berbeda dengan RSUD Ahmad Ripin yang menolak bantuan UTD dari pusat

HNCK8306-730x487
Beberapa Ambulance mangkrak dan Direktur RSUD Ahmad Ripin kab Muaro Jambi

JAMBI – Instansi atau lembaga merasa senang dan termotivasi manakala mendapatkan bantuan, namun berbeda dengan yang dilakukan Rumah Sakit Umum Daerah (Ahmad Ripin), kabupaten Muarojambi yang menolak bantuan tersebut. Sengeti 13/8/2018
Salah satu indikator karena tingginya angka kematian ibu dan anak di kabupaten Muarojambi, pemerintah pusat dalam hal ini kementrian Kesehatan dan Palang Merah Indonesia  akhirnya memberikan bantuan Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) senilai 3 Milyard rupiah, yang diperuntukan pembangunan gedung dan alatnya.
Penolakan bantuan tersebut dikarenakan RSUD merasa tidak sanggup mengelolanya karena tidak memiliki SDM dan Biaya Operasional.
Hal ini disampaikan oleh direktur RSUD Ahmad Ripin, Ilham, (01/8), kami menolak bantuan UTDRS setelah konsultasi dengan bagian  Patologi.
“ Kami tidak sanggup, karena tidak memiliki SDM dan Anggaran Operasionalnya tidak ada”, terang Ilham
RSUD Ahmad Ripin ini type C, belum diperbolehkan memiliki UTDRS, salah satu syaratnya kebutuhan darah per tahun minimal harus 1000 kantong. Kita ini pertahun kebutuhan darah baru berkisar 100 kantong.
Kata Ilham, Kita juga masih kesulitan untuk memperbaiki beberapa Ambulance yang dongkrak, rusak karena tidak ada biaya perawatan. 


PMI Yang Terintegrasi Dengan UTD


PMI selalu mempunyai tujuh prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan sabit merah yaitu kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan. 
Sampai saat ini PMI telah berada di 33 PMI Daerah (tingkat provinsi) dan sekitar 408 PMI Cabang (tingkat kota/kabupaten) di seluruh Indonesia.
Palang Merah Indonesia tidak memihak golongan politik, ras, suku ataupun agama tertentu. Palang Merah Indonesia dalam pelaksanaannya juga tidak melakukan pembedaan tetapi mengutamakan korban yang paling membutuhkan pertolongan segera untuk keselamatan jiwanya.
Di Provinsi Jambi, telah berdiri PMI Daerah, namun beberapa kabupaten belum memiliki PMI Cabang dan UTD (Unit Transfusi Darah),  tercatat yang belum berdiri cabang PMI seperti kabupaten Muarojambi.

 

Penulis IHSAN ABDULAH NUSANTARA

Editor ABDULAH IHSAN
views