_

Sebelumnya Porprov Tiga Tahun Sekali, KONI Jambi: Selanjutnya Dua Tahun Sekali

HNCK8306-730x487

Ketua KONI Jambi Indra Armendaris

JAMBI - Kabar gembira bagi seluruh cabang olahraga di Provinsi Jambi. Pasalnya, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jambi akan segera merealisasikan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang dilakukan tiga tahun sekali menjadi dua tahun sekali.

Hal tersebut dikatakan Ketua KONI Provinsi Jambi, Indra Armendaris. Menurutnya, pada tahun-tahun sebelumnya memang Porprov dilaksanakan tiap dua tahun sekali, akan tetapi pada tahun 2012 jadwal tersebut berubah menjadi tiga tahun sekali dan diselenggarakan di tahun 2015.

Dikatakan Pengacara Kondang itu, dengan digelarnya Porprov dua tahun, tidak hanya semata-mata untuk mengejar prestasi, namun juga momen meningkatkan kualitas atlet putra dan putri. Oleh sebab itu ia berharap atlet-atlet muda daerah setempat dapat memanfaatkan ajang ini untuk menunjukkan prestasi sehingga bisa bertanding dalam turnamen yang lebih besar lagi. 

Ia percaya dengan semakin banyaknya jumlah kompetisi lokal, maka potensi atlet muda akan semakin terlihat. Hal ini merupakan bagian dari Koni untuk membina atlet muda.

Ia mengatakan langkah ini harus dilakukan untuk memastikan pembinaan dan kompetisi olahraga terus berjalan. Ia percaya potensi atlet di Jambi sangat besar dan tersebar di berbagai pelosok. Karenanya, ia mengatakan kompetisi Porprov bisa digunakan sebagai ajang pencarian bakat atlet muda.

"Dengan dua tahun sekali diselenggarakan Porprov diharapkan mampu menyiapkan atlet sedini mungkin dan terus memacu meningkatkan prestasi. Insya Allah Porpov 2020 dilakukan sebelum PON di Papua," kata Indra, Kamis 6 September 2018.

Masih dikatakan Indra, KONI segera merealisasikannya tersebut seperti jadwal semula menjadi dua tahun sekali, dan ini akan dibahas bersama instasi terkait setelah dilakukan Porprov 2018 di Kota Jambi pada November mendatang. 

KONI juga menunggu kesiapan kabupaten kota se-provinsi Jambi untuk menjadi tuan rumah di Porprov selanjutnya. Misal saja, Kabupaten/kota tak siap menjadi tuan rumah selanjutnya, maka Porprov akan kembali diselenggarakan di Kota Jambi.

Selain itu, KONI Provinsi Jambi memastikan Porprov tahun 2018 tetap berlangsung di Kota Jambi pada November 2018 mendatang, mengenai fasilitasi dan venue sudah tersusun rapi.

Untuk diketahui sebelumnya, pekan olahraga tersebut terancam dibatalkan karena dicampur aduk dengan politik. Pada awalnya Kabupaten Merangin ditunjuk sebagai Tuan rumah Porprov 2018. Akan tetapi pada Juli 2017 yang lalu Kabupaten Merangin menyatakan tidak siap jadi tuan rumah kegiatan Porprov dengan alasan adanya Pilkada Serentak.

Lalu, Gubernur Jambi saat itu menunjuk Bungo dan Tebo menjadi tuan rumah Porprov 2018. Dengan pemintaan Gubernur saat itu, Bupati kedua daerah mensetujui untuk menjadi Tuan Rumah Porprov 2018.

Dalam proses berjalan, pada 9 Juni 2018 Bupati Bungo dan Tebo mengirimkan surat kepada Koni Provinsi yang menyatakan tidak siap untuk menjadi tuan rumah pada kegiatan Porprov 2018.

Dengan adanya surat pernyataan dari Bupati Bungo dan Tebo tersebut, Pengurus cabang Olahraga Jambi, meminta Kepada Koni untuk mengambil alih penyelenggaraan Porprov 2018 agar tetap diselenggarakan.

Koni Provinsi membentuk tim dimana didalamnya terlibat, Koni Kota, Koni Kerinci, Koni Tanjab Barat, dan Kawan-kawan dari pengurus Cabor.

Hingga pada 28 Juni 2018, hasil Rapat Pleno Khusus memutuskan Kegiatan Porprov 2018, Koni Provinsi akan menjadi penyelenggara pelaksana dan tuan rumah. Kegiatan Porprov 2018 akan di langsungkan di Kota Jambi, Pada 18-25 November 2018.

Penulis: Ramadhani

 

Penulis Tim redaksi

Editor Ihsan Abdullah
views