_

Sijempol Hadir Untuk Efisiensi Pengadaan Barang dan Jasa

HNCK8306-730x487
demo kontraktor di kantor ULP Muaro Jambi beberapa saat yang lalu. Foto/ Dok

JAMBI – Bertempat diruang rapat wakil bupati, diadakan Sosialisasi sistim informasi jejaring manajemen pengadaan OPD Pemda kab. Muaro Jambi (Sijempol) tahun anggaran 2018. Sengeti, 15/8/2018
Kepala ULP kabupaten Muaro Jambi, mengatakan aplikasi Sijempol mengurangi konflik interest, begitu juga mempercepat proses pelelangan dan adanya e monev,  maka setiap transaksi proses pelelangan berikut tahapannya Bupati bisa langsung monitor.
Asisten III Bidang Administrasi Umum, kabupaten Muaro Jambi,  Junaidi menyampaikan dalam sambutannya, peran pengadaan mulai ditata setelah munculnya Peraturan Presiden nomor  16/2018
Dimana dalam peraturan tersebut pengadaan  Barang jasa harus dituangkan dalam aplikasi
Kata Junaidi, Perencanaan identifikasi kebutuhan barang dan jasa. Sirup (sistim informasi) sudah ada dan DIPA sudah masuk 
Lanjut Junaidi, pelaksanaan dengan LPSE dan Katalog sudah terintegrasi diaplikasi Sijempol yang dikembangkan oleh LKPP.
Sistim ini dikembangkan untuk pelayanan barang dan jasa agar efisien, akuntable  dan akurat serta terintegrasi dengan LPSE dengan Kominfo.
“Sambil berjalan kita siapkan SDM, jika belum siap kita akan lakukan Bintek, pungkas Junaidi.

Safrizal menambahkan, untuk SDM di lingkup ULP sudah siap dalam penerapan aplikasi Sijempol yang akan dimulai dari APBD Perubahan, dan untuk OPD pun kita mulai dengan sosialisasi ini, jika ada kendala kita akan ketahui lebih dini.

Saat disinggung soal penundaan proses lelang, Safrizal mengatakan kita akan menunggu kepastian anggaran karena kondisi keuangan defisit.

Namun saat dikejar persoalan defisit anggaran, safrinal menolak dan melempar ke TAPD yang lebih mengetahui.
Tercatat dari absensi kegiatan sosialisasi sistim aplikasi Sijempol tersebut,  dari jumlah 35 OPD yang ada hanya 20 yang hadir.

Penulis IHSAN ABDULAH NUSANTARA

Editor ABDULAH IHSAN
views