_

Sosialisasi 4 Pilar MPR RI : Penegasan Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi Bangsa dan Negara

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - SLEMAN, MPR RI menggelar Sosialisasi 4 Pilar bertemakan Penegasan Pancasila Sebagai Dasar Negara, Ideologi Bangsa dan Negara oleh anggota MPR RI MY Esti Wijayati dihadapan Kader Posyandu se Kabupaten Sleman, Minggu (11/02) bertempat di Aula Balai Desa Sinduharjo, Ngaglik, Sleman.

Esti menjelaskan definisi dan pentingnya ideologi yang merupakan adalah seperangkat gagasan, ide, cita-cita dari sebuah masyarakat terhadap pandangan atau paham tentang kebaikan bersama yang dirumuskan dalam bentuk tujuan yang harus dicapai dan juga cara yang digunakan untuk mencapai tujuan itu.

"Ideologi menjadi penting bagi suatu bangsa mengingat fungsinya sebagai penuntun arah sebuah bangsa dalam meraih kebesaran masing-masing," ujarnya.

Ditambahkan Esti, ideologi harus menjadi meja statis yang artinya dasar pijakan yang terdiri dari elemen-elemen yang ada pada jiwa bangsa Indonesia. "Ideologi juga harus menjadi sebuah leitstar dinamis yakni suatu bintang pembimbing yang menjadi arah penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.

Dia juga menerangkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila yang merupakan ideologi bangsa dan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia, seperti pada Sila Ketuhanan Yang Maha Esa yang berprinsip menegaskan bahwa Bangsa Indonesia adalah bangsa yang berTuhan dan menolak paham anti Tuhan (atheisme).

"Pada Sila Kemanusiaan yang adil dan beradab yang menegaskan bahwa Bangsa Indonesia adalah negara bangsa (nation state) yang merdeka, bersatu, dan berdaulat menuju kekeluargaan bangsa-bangsa di dunia. Pada Sila Persatuan Indonesia ditegaskan bahwa kita mendirikan suatu negara kebangsaan Indonesia untuk seluruh rakyat Indonesia, bukan negara untuk satu kelompok maupun satu golongan," terangnya.

Sila Kerakyatan yang dipimpin dalam khidmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan pada prinsipnya menegaskan bahwa negara Indonesia adalah negara demokrasi yang mengakui dan menjunjung tinggi kedaulatan rakyat. Pada Sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia yang berprinsip bahwa negara Indonesia didirikan untuk bersungguh-sungguh memajukan kesejahteraan rakyat Indonesia baik lahir maupun batin.

Penulis DEWI RATIH

Editor CH DEWI RATIH KPS
views