_

Sosialisasi Pemilihan RT, RW, dan LPMK se-Kecamatan Gedongtengen

HNCK8306-730x487

Waktoe.com-YOGYAKARTA, Kecamatan Gedongtengen menggelar sosialisasi pemilihan Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), Selasa (06/02) bertempat di Pendopo Kantor Kecamatan. Diungkapkan Camat Gedongtengen, Drs Antariksa Agus Purnama dalam pemilihan tersebut ada beberapa tahapannya.

"Dalam panduan pemilihan RT, RW, dan LPMK se Kecamatan Gedongtengen tahun 2018, terbagi atas beberapa tahapan, dimulai pada hari ini sosialisasi dan dilanjutkan pembentukan panitia pemilihan RT, RW diwilayah dan pembuatan jadwal pemilihan RT, RW pada tanggal 7 hingga 11 Februari 2018," ujarnya disela-sela sosialisasi.

Selanjutnya, pada tanggal 12 Februari akan dilaksanakan penyerahan jadwal pemilihan RT, RW, dan LPMK dan mengambil kelengkapan SPJ. "Dilanjutkan dengan tatakala pemilihan RT, RW diwilayah dimulai dari tanggal 12 Februari hingga 12 Maret 2018," tambahnya.

Dan untuk tatakala pemilihan LPMK, sambung Antariksa akan dilaksanakan pada tanggal 13 Maret hingga 20 Maret 2018. "Kemudian pada tanggal 21 hingga 22 Maret dilakukan penyerahan berita acara pemilihan RT, RW dan LPMK kepada Kelurahan. Dan akan dilakukan pengukuhan pengurus RT, RW, dan LPMK yang baru pada minggu pertama dibulan April 2018 mendatang," katanya.

Sementara itu Ketua RW 02 Kelurahan Sosromenduran, Gedongtengen Ipung Purwandari, SH yang ikut hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa pemilihan RT, RW, dan LPMK secara langsung ini sebagai ajang pembelajaran demokrasi dari tingkat yang terendah diwilayah.

"Kita belajar berdemokrasi dengan adanya pemilihan langsung Pengurus RT yang merupakan tingkatan wilayah yang terkecil, dilanjutkan tahapan berikutnya ditingkat RW, dan LPMK ditingkat Kelurahan," ungkapnya.

Dia juga berpesan agar kaderisasi pengurus yang baru diharapkan dapat lebih berinovasi dan kreatif mengingat diwilayahnya merupakan salah satu destinasi wisata.

Penulis DEWI RATIH

Editor CH DEWI RATIH KPS
views