_

Sri Sultan HB X dan KGPAA Paku Alam X Resmi Dilantik Menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DIY

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - YOGYAKARTA, Prosesi pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta di Istana Negara Jakarta telah terlaksana dengan baik dan lancar. Presiden RI, Joko Widodo secara resmi lantik Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Sri Paduka Pakualam X menjadi dwi tunggal memimpin DIY, Selasa (10/10) sesuai jadwal yang ada.

Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY menyatakan prosesi pelantikan ini patut disyukuri oleh seluruh elemen rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta. "Kita bersyukur pelantikan oleh Presiden RI berjalan lancar. Terima kasih Presiden Jokowi," katanya.

Kehadiran anggota DPRD DIY dalam pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY di Istana Negara adalah memenuhi undangan. Prosesi acara pelantikan Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Sri Paduka Pakualam X diawali dengan kirab. Setelah masuk istana negara, acara dimulai dengan menyanyikan Indonesia Raya, pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) yang diikuti dengan pengambilan sumpah jabatan dan rangkaian prosesi pelantikan ditutup dengan lagu Indonesia Raya.

Presiden dengan didampingi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bersama Sri Sultan dan Paku Alam berjalan kaki menuju tempat pelantikan di Istana Negara. Momen ini kita kenal dengan sebutan prosesi kirab di mana keempatnya diiringi oleh pasukan kehormatan Paspampres selama berjalan menuju Istana Negara.
 
Setibanya di Istana Negara, calon gubernur dan wakil gubernur diambil sumpah oleh Presiden dan dilantik dengan berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 107/P Tahun 2017 tentang Pengangkatan Sri Sultan dan Paku Alam sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY Masa Jabatan Tahun 2017-2022.
 
"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," demikian diucapkan Sultan Hamengkubuwono X dan KGPAA Pakualam X dipandu Presiden yang memimpin pengucapan sumpah jabatan.
 
Acara pelantikan tersebut kemudian diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo untuk kemudian diikuti oleh tamu undangan yang hadir. Setelah itu, Presiden dan Ibu Iriana bersama Gubernur dan Wakil Gubernur DIY serta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno beserta anggota DPRD DIY berfoto bersama di depan Istana Merdeka.
 
Usai acara resmi, seluruh tamu undangan berkesempatan berfoto bersama di halaman Istana Negara Jakarta. Di dalam kesempatan ini, seperti biasanya,  suasana akrab begitu terasa.

Presiden Joko Widodo menyempatkan untuk menyapa dan menyalami anggota DPRD DIY beserta para pejabat pemda DIY. Kesempatan foto bersama dengan Presisen Joko Widodo ini menjadi ajang saling sapa saat Presiden RI juga ramah melayani foto bersama undangan yang ada.

Eko Suwanto menyatakan arti dan makna penting pelantikan oleh Presiden RI menegaskan sebagai daerah istimewa, DIY memiliki peran strategis dalam rumah bersama kebudayaan nasional. "Posisi strategis DIY harus bisa bawa peran bagi  bangsa Indonesia dalam proses nation and character building. Kita berharap ke depan rakyat DIY bisa lebih sejahtera, sesuai harapan bersama dalam NKRI. Kita berkomitmen wujudkan DIY pelopor persatuan nasional, pelopor pelaksanaan Pancasila baik dalam kebijakan pembangunan maupun kehidupan sehari masyarakat," kata Eko Suwanto.

Penulis CH DEWI RATIH KPS

Editor IBRAHIM OEMAR
views