_

Sri Sultan HB X Jamin Keamanan Warga Beribadah

HNCK8306-730x487

Waktoe.com-YOGYAKARTA, Gubernur DIY Sri Sultan HB X menegaskan Pemerintah tetap akan menjamin dan melindungi masyarakat DIY dalam melaksanakan ibadahnya. Masyarakat pun diimbau tidak terprovokasi dengan kejadian intoleransi yang terjadi.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur DIY merespon peristiwa penyerangan pastor dan jamaat Gereja Katolik St Lidwina, Gamping, Sleman pada Minggu (11/02) pagi. Sri Sultan usai membesuk Romo Prier dan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait di RS Panti Rapih mengatakan keprihatinan dan kesedihannya terhadap peristiwa yang memilukan tersebut.

Gubernur DIY juga menegaskan, kekerasan itu jelas bukan karakter masyarakat Jogja. Sebagai Sultan dan Gubernur DIY, beliau berharap kejadian intoleransi tidak terulang lagi.

"Jadi kami tetap harus bisa menjamin, tidak hanya pemerintah tapi juga masyarakat, harus tetap menjamin kebebasan dalam melaksanakan ibadah. Harus saling menghargai, tidak boleh melakukan kekerasan karena kekerasan bertentangan dengan kesepakatan kita," imbuh Sri Sultan.

Sri Sultan pun menambahkan harapannya untuk masyarakat Jogja agar tetap tenang dan tidak mudah terprovokasi. Bagi Pemda DIY, termasuk perangkat desa, Bhabinkamtibmas, dan jaga warga untuk bisa mewaspadai terhadap kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi. "Baik kekerasan maupun intoleransi itu dari awal harus sudah bisa dicegah, jangan terlambat," tegas Sri Sultan.

Gubernur DIY pun meminta maaf kepada masyarakat Katolik khususnya korban. Permohonan maaf tersebut diutarakannya karena peristiwa tersebut sampai menimbulkan korban meski telah ada koordinasi bersama perangkat keamanan untuk menjaga tempat peribadatan setiap digelarnya kegiatan ibadah.

"Seperti hari Minggu tadi itu, aparat selalu ada yang berjaga. Tapi ternyata tetap ada korban. Untuk itu saya mohon masyarakat bisa lebih hati-hati dan mewaspadai dengan kejadian tadi pagi untuk tidak terulang lagi. Semoga warga masyarakat Jogja punya kesadaran yang lebih karena pemerintah tetap menjamin dan melindungi warga masyarakat Jogja yang mau melaksanakan ibadah. Tidak perlu takut karena itu juga jadi komitmen yang harus kita jaga bersama," pungkas Sri Sultan.

Penulis DEWI RATIH

Editor IBRAHIM UMAR
views