_

Staf Khusus Menteri sebut Fachrori Umar Ditunjuk Sebagai Gubernur Jambi

HNCK8306-730x487

Fachrori Umar

JAMBI - Mantan Staf Khusus Menteri Negara/Kepala Bappenas RI Usman Ermulan menyebutkan, saat ini yang melanjutkan program Jambi Tuntas 2021 adalah Fachrori Umar, dan masyarakat mengetahui bahwa pucuk tertinggi di pemerintahan provinsi Jambi ada di ditangan Fachrori Umar sebagai gubernur Jambi meski secara hukum hanya sebagai pelaksana tugas gubernur.

Kendati demikian, Fachrori memiliki batas tertentu dalam memutuskan suatu kebijakan di pemerintahan sampai berkekuatan hukum tetap. Karena Zola tidak bisa menjalankan fungsi pemerintahan yang sedang dijalankan karena dalam proses hukum.

"Hanya saja karena Pelaksana Tugas harus meminta izin dahulu kepada Menteri Dalam Negeri. Misalnya, dalam pergantian kepegawaian," katanya, Senin 10 September 2018

Mantan Bupati Tanjung Jabung Barat dua periode ini mengatakan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo telah menandatangani surat penunjukkan Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Gubernur Jambi. Penunjukan dibutuhkan untuk mengisi kekosongan pemerintahan agar tetap berjalan optimal setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan tersangka dan menahan Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli. 

"Penunjukan dilakukan dalam rangka menjamin keberlangsungan penyelenggaraan pemerintahan," ujar Usman.

Tokoh Masyarakat Jambi ini menilai, sebab Gubernur Jambi non aktif Zumi Zola Zulkifl enggan mundur dari jabatannya karena mungkin merasa tidak bersalah sebagai pelaku suap ketok palu RAPBD 2018 dan Gratifikasi sejumlah Rp 44 Miliar sehingga Zola masih percaya diri menjadi Gubernur Jambi.

"Zola mungkin merasa dirinya tidak bersalah karena belum adanya keputusan inkrah. Sekarang tergantung pribadi Zola apakah ingin mundur atau tidak atau menunggu keputusan dari pengadilan," kata Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Jambi itu.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Gubernur Jambi Fachrori Umar belum lama ini dikonfirmasi kapan akan dilantik sebagai gubernur Jambi definitif oleh Menteri Dalam Negeri enggan memberikan banyak tanggapan.

"Allahu alam," katanya.

Penulis Ramadhani

Penulis Tim redaksi

Editor Ihsan Abdullah
views