_

Tarian Doraji dari Fu Qing Hadir di Pembukaan PBTY ke 13

HNCK8306-730x487
Tarian Doraji persembahan Fu Qing Yogyakarta pada pembukaan PBTY ke 13

Waktoe.com - YOGYAKARTA - Rintik hujan tidak menyurutkan antusias penonton dan pengisi acara pembukaan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) ke 13 yang diadakan di Alun-Alun Utara Kraton Yogyakarta.

Seperti yang ditampilkan oleh Perhimpunan Warga Tionghoa Fu Qing Yogyakarta dalam paradenya yang bertajuk perjalanan ke barat dengan menggambarkan kisah Pendeta Tong yang ditemani oleh Sun Go Kong melalui iringan tarian Doraji yang merupakan tarian dari Korea yang biasa dipentaskan saat musim semi tiba.

"Kami dari Fu Qing Yogyakarta ikut menyumbang kesenian dalam pembukaan PBTY kali ini melalui parade perjalanan ke barat dan diiringi oleh tarian Doraji yang dibawakan oleh 19 orang dari perhimpunan Fu Qing Yogyakarta," ujar Wakil Ketua Fu Qing Yogyakarta, Ellyn Subiyanti, Minggu (24/02) malam disela-sela acara pembukaan.

Dalam parade yang dikirabkan dari Taman Abu Bakar Ali hingga ke Alun-Alun Utara Kraton Yogyakarta ini Fu Qing Yogyakarta mempersembahkan busana daerah yang dipadukan dengan koreography Chinese style. Selain Fu Qing masih banyak juga perhimpunan warga Tionghoa yang tergabung dalam Jogja Chinese Art and Culture Center (JCACC) meramaikan acara tersebut.

Dalam sambutannya, Ketua JCACC Tri Kirana Muslidatun menjelaskan acara PBT ke 13 akan diselenggarakan mulai tanggal 24 Februari hingga 2 Maret 2018. "Akan ada banyak sekali pertunjukan didalam acara yang diselenggarakan di panggung utama Ketandan, mulai dari kesenian, wayang potehi, dan aneka lomba seperti lomba karaoke lagu mandarin. Yang terbaru akan ada taman lampion disana yang bisa dikunjungi oleh para pengunjung PBTY ke 13 ini," katanya.

 

Penulis OMAR TJUN

Editor IBRAHIM UMAR
views