_

Torch Relay Asian Games, Masnah: Kami Bangga Menjadi Yang Terpilih

HNCK8306-730x487
bupati Muaro jambi Masnah Busro bersama wakil bupati BBS membawa Obor Asian Games di Candi Tinggi

JAMBI - Candi Muarojambi menjadi salah satu pilihan dari 18 destinasi sebagai tempat singgah Torch Relay Obor Asian Games. Sengeti, 3/8/2018.

Sekitar pukul 09.15 WIB sesuai jadwal yang ditetapkan obor Asian Games tersebut akhirnya tiba di Komplek Percandian Muarojambi. Api abadi yang dibawa oleh tim INASGOC dari rumah dinas Gubernur menuju candi Muarojambi, sesampainya di gapura pintu masuk candi disambut dengan tarian Beras Kunyit sebagai ucapan selamat datang kepada tamu.

Selanjutnya tiner box langsung diserahkan ke Wakil Bupati Muarojambi Bambang Bayu Suseno, dengan penuh bangga BBS berlari kecil membawa tiner box menuju candi tinggi, dimana disana sudah menunggu bupati Masnah Busyro untuk menerima tiner box.

Dalam sambutannya bupati Masnah Busyro menyampaikan rasa bangganya destinasi candi Muarojambi menjadi tempat singgah Troch Relay Asian Games.

“Candi Muarojambi semakin dikenal di Indonesia dan Internasional dan kami mendukung penyelenggaraan Asian Games ke 18 di Jakarta-Palembang”, tutur Masnah.

Sementara itu  beberapa pengunjung yang menonton dan mengikuti acara, seperti yang disampaikan Master Daniang, kedatangan obor sebagai simbol dan sekaligus membersihkan tempat yang bersejarah ini, dimana dulu Adisyangkara tingal dan membangun tempat ini.

“ini tempat yang sangat penting bagi agama Budha, dan memperkenalkan sejarah dan perkembangan agama budha sejak tahun 1012, kali ini berharap bisa memperkenalkan candi ini”, pungkasnya.

Kebanggaan juga disampaikan siswa yang ikut mengiringi obor Asian Games dengan terus mengibarkan bendera merah putih.

“Kami bangga, karena ini yang pertama kali bagi kami, kami bisa melihat dan beruntung”, ujar Hamidah dari SMA N 6 Muarojambi  

Pengamanan jalannya acara  kedatangan Api Abadi ini, pihak Polres Muarojambi menerjunkan sebanyak 118 anggota kepolisian yang terdiri dari Sabara, intelkam dan satreskrim.

Selesai acara penyambutan Api Abadi oleh Bupati Muarojambi, Api ini kembali dibawa keluar komplek candi oleh INASGOC menuju Bandara Sutan Thaha Jambi.

Penulis IHSAN ABDULAH NUSANTARA

Editor ABDULAH IHSAN
views