_

UNESCO Berdayakan Anak Muda Kreatif Indonesia

HNCK8306-730x487
Salah satu peserta sedang mempresentasikan proposal usahanya

Waktoe.com-YOGYAKARTA, Mendukung upaya peningkatan kesempatan perekonomian anak muda di sekitar situs warisan dunia dan destinasi wisata yang berada di Indonesia, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) berkolaborasi dengan Citi Indonesia mengadakan program Youth Economy Empowerement in Indonesia's Heritage Sites, through Capacity Building and Sustainable Tourism.

Seperti yang dilakukan pada hari Jumat (02/02) di Hotel Burza Yogyakarta, UNESCO Jakarta mengundang ratusan anak muda kreatif untuk mengikuti Youth Creative Competition, yang merupakan sebuah kompetisi usaha kreatif anak muda yang didasarkan pada pengumpulan proposal usaha untuk nantinya mendapat penilaian teknis dari tim juri yang dipilih UNESCO.

"Sepanjang Agustus hingga November 2017 lalu, ratusan anak muda ini mendapatkan pembekalan pelatihan dibidang pengembangan usaha dan literasi keuangan dari UNESCO Jakarta melalui mitra teknisnya, dan saat ini kami mempersilahkan mereka untuk mempresentasikannya dan dinilai juri," ujar Head of Unit and Programme Specialist for Culture UNESCO Office Jakarta, Moe Chiba, disela-sela acara.

Ditambahkannya, pihaknya telah melakukan survei di Yogyakarta dan Jawa Tengah dalam melanjutkan kegiatan pendampingan pengembangan usaha kepada komunitas anak muda didua propinsi tersebut.

"Sasarannya adalah mereka anak muda yang bekerja di bidang ekonomi kreatif, produk kebudayaan dan warisan budaya tak benda," tambahnya.

Program ini diselenggarakan melalui promosi industri kreatif dan pengembangan produk berbasis budaya disejumlah wilayah di Indonesia.

Penulis CH DEWI RATIH KPS

Editor CH DEWI RATIH KPS
views