_

Untuk Pertama Kalinya di Kota Yogyakarta Puskesmas Mergangsan Deklarasikan 1 Rumah 1 Jumantik

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - YOGYAKARTA, Puskesmas Mergangsan Kota Yogyakarta menggelar Gebyar Bebas Demam Berdarah dengan 1 Rumah 1 Jumantik, dalam acara tersebut juga dideklarasikan untuk pertama kalinya dengan 1 Rumah 1 Jumantik, Jumat (04/05) di halaman Puskesmas Mergangsan.

Kepala Puskesmas Mergangsan dr. Abdul Latief mengatakan dengan diadakannya gebyar bebas demam berdarah ini wabah demam berdarah di wilayah Kecamatan Mergangsan dapat berkurang. "Dan 1 rumah 1 jumantik untuk meminimalisir terjadinya demam berdarah di Mergangsan," katanya.

Camat Mergangsan Dra. Tyasning Handayani Shanti menghimbau program 1 rumah 1 jumantik dapat dilaksanakan di dalam tiap-tiap rumah warga. "Nantinya di masing-masing rumah punya jumantik sendiri. Saya mengajak untuk menggerakkan warga sehingga di 1 rumah mempunyai 1 jumantik," ungkapnya.

Dia juga sangat mengapresiasi Puskesmas Mergangsan menjadi yang pertama mendeklarasikan 1 rumah 1 jumantik di Kota Yogyakarta.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Tri Mardoyo, berpesan agar 1 rumah 1 jumantik bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. "Kalau rumah yang satu tidak melakukan dan yang satu lagi melakukan sama saja nyamuknya beterbangan. Untuk itu dibutuhkan niat untuk 1 rumah 1 jumantik," katanya.

Tri Mardoyo juga meminta agar warga dan kader-kader kesehatan dapat bersinergi dengan seluruh lapisan pengurus pemerintahan mulai dari camat, lurah, rt/rw untuk mengimplementasikan Si Kesi Gemes.

Penulis IBRAHIM UMAR

Editor IBRAHIM UMAR
views