_

Visi TMMD Kodim Bantul Sejalan Dengan Pemerintah

HNCK8306-730x487

Waktoe.com-BANTUL, Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-99 tahun 2017 Kodim 0729/Bantul, yang dipusatkan di Dusun Kajor dan Dusun Nawungan, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten memiliki beragam target sasaran fisik dan non fisik. Namun demikian, sasaran prioritas adalah membangun (membuat) akses jalan yang menghubungkan 2 dusun, yaitu Dusun Kajor dan Dusun Nawungan, yang selama ini terpisah oleh keberadaan bukit.

 

Selain itu membuat akses jalan, prajurit TNI yang tergabung dala Satuan Penugasan (Satgas) TMMD reguler Kodim Bantul juga menyeleaikan sasaran fisik lainnya, seperti membangun jembatan, membangun penampungan sarana air bersih, memperbaiki jalan serta renovasi rumah tidak layak huni.

 

Sedangkan,bukan saja sasaran fisik yang mesti selesaikan. Sasaran non fisik pun tidak kalah penting untuk disosialisasikan kepada masyarakat. Diantaranya adalah sosialisasi wawasan kebangsaan, bela tanah air, penegakkan hukum, penyuluhan kesehatan dan penyuluhan dampak atau bahayanya penggunaaan narkoba.

 

Komandan Kodim (Dandim) 0729/Bantul yang sekaligus bertindak sebagai Komandan Satuan Penugasan (Dansatgas) TMMD reguler ke-99  Letkol Inf Agus Widiantor mengatakan, bahwa program TMMD  reguler merupakan kegiatan tahunan kerjasama pemerintah dengan TNI yang fokus membantu program fisik infrastruktur. Dan program TMMD Reguler merupakan program berskala besar, karena bersifat nasional.

 

Menyinggung jumlah personel yang dilibatkan dalam TMMD reguler Kodim Bantul di Desa Selopamiorokali ini, disebutkan sebanyak 150 prajurit gabungan yang akan bekerja sekuat tenaga dan optimal memberikan yang terbaik untuk masyarakat.

 

”TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah salah satu wujud Operasi Bakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, serta Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat. Dan tujuannya adalah untuk meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan. Khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana,” tegas Dandim. 

 

CH DEWI RATIH KPS

Penulis CH DEWI RATIH KPS

Editor IBRAHIM UMAR
views