_

Wagub Jambi Fachrori Umar Berikan Sertifikat ISCC Kepada KUD Makarti Kabupaten Muaro Jambi

ISCC memberikan Jaminan mutu,dan Jaminan mendapatkan harga Premium dalam jangka panjang terhadap harga sawit. 

HNCK8306-730x487
Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar memberikan Sertifikat ISCC kepada perwakilan KUD Makarti Jambi di Swiss Hotel, Senin, 26 Maret 2018. foto: Abdulah Ihsan

JAMBI - Propinsi Jambi boleh bergembira, salah satu koperasi petani sawit yang tergabung  dalam koperasi petani sawit (KUD Makarti) dari kabupaten Muaro Jambi mendapatkan sertifikat dari ISCC (International Sustainability and Carbon Certification) dan  ini adalah yang pertama secara Nasional dan internasional.

Kegiatan-kegiantan yang dilakukan koperasi sangat penting, mereka  yang tergabung dalam koperasi, akan didampingi oleh  koperasi, maka jika bekembang akan memberikan daya saing, termasuk UMKM yang sulit berkembang selama ini.

Seperti yang disampaikan wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar dalam sambutannya, Koperasi Makarti dapat mengermbangkan usaha dengan baik, ketimpangan sosial ekonomi dapat diatasi, pengangguran dapat diatasi juga

"Asal jujur dan adil insya Alloh kita bisa berkembang", kata Wagub.

Sesuai dengan misi Jambi Tuntas sampai 2021,  (tertib unggul nyaman tangguh adil dan sejahyera). Saat  saya dilantik 12 Februari 2012 di Istana Negara sehabis jumatan oleh Jokowi.

Kata Jokowi, "saya presiden pernah kedesa tapi tidak bisa semua, kita ndak bisa ke desa, desa, maka kades itu presiden desa",  Presiden sangat menghagai peran kades, kata Wagub menirukan.

Lanjut Wagub Fachrori Umar, tahun 1990 Kota Medan menjadi yang pertama sawit masuk dari Malaysia, akses pasarnya sangat mudah,namun sekarang harga naik turun maka dengan sertifikat ini ada jaminan harga.

Disaat yang sama Propiyanto dari Komisi IV DPRD propinsi  Jambi, menyampaikan, keberhasilan ini merupakan wujud adanya pendampingan budidaya dan disana tidak hanya budidaya kelapa sawit namun ada tanaman sela yang juga dibudidayakan sebagai nilai tambah. Program ini di kabupaten Muaro Jambi, tepatnya di kecamatan Petaling dan Bahar .

Saya berharap kedepan, program tata kelola lingkungan semakin baik, sebagai tindakan pencegahan kita sudah buat Perda Tata Kelola Gambut dan Swasembada Petani. Dan Kita mendorong masuknya asosiasi kelapa sawit, agar program bisa baik dan sinergi.

Sementara itu, Andreas, dari ISCC  menjelaskan sertifikasi biomasa untuk kelapa sawit, memberikan jaminan, dan bisa dilacak asal usulnya, bukan dari pembukaan hutan, ISCC memberikan akses di pasar Eropa. Selama ini ISCC sudah memberikan sertifikat sekitar 200, tapi ini sertifikat  khusus karena yang  pertama diberikan kepada petani swadaya. Jadi kita mendesain ulang sehingga dapat sesuai  dengan petani swadaya. 

"ISCC selama ini ditujukan bagi organisasi profesional, perusahaan, pabrik perkebunan plasma, dan kali ini untuk petani swadaya di Jambi".

Ada tiga manfaatnya, dengan sertifikat ISCC, antara lain dapat mengakses pasar Eropa dan internasional, mendapatkan harga premium dalam jangka panjang, dan jaminan mutu tata kelola lingkungan yang baik.

Perwakilan koperasi Makarti yang disampaikan oleh Sofyan, selaku Sekretaris dan CO menjelaskan kami didampingi oleh SNV,- Netherlands Delelopment Organisation, Prosympac Agro Lestari, PT Mutuagung Lestar, tentang perawatan perkebunan, sekarang sudah menjadi petani kelapa sawit yang sesuai aturan. 

Lanjut Sofyan, program ini pada dasarnya menghargai bumi dan harapannya generasi menikmati kesuburan tanah itu serta budidaya yang ramah lingkungan, Penghasilan lebih baik, dan penggunaan pupuk sedikit. Koperasi Makarti berdiri tahun 2013, berawal dari setiap desa ada satu koperasi maka saat ada pemecahan desa,  berdirilah KUD Makarti dengan  300 anggota, dengan anggota inti 75. Status anggota berdasar dari kebun,  dengan rata rata 1 orang memiliki 3 ha, jadi total  luas kebun 500 ha. 

"Keuntungan, petani kelapa sawit sebenarnya nilai atau hasil yang lebih bagus dan ramah lingkungan, harga Premium sebagai bonus", ungkapnya

Jika dihitung kenaikan setelah adanya pendampingan Kenaikan mencapai 50 persen, dan usia sawit kita sudah sekitar 15 tahun.

Hadir dalam acara lokakarya dan peluncuran koperasi Makarti diantaranya wakil gubernur Jambi Fachrori Umar, Hans Harmen Smith dari SNV Netherlands Delelopment Orrgaisation, Irham Budiman dari Mutu Certification International,  Andreas Feige Managing direktor ISCC, Popriyanto Komisi IV DPRD Provinsi Jambj, Imron Rosadi penanam modal, Sofyan Co KUD Makarti Sungai Gelam, kabupaten Muaro Jambi.

Penulis Ihsan Abdulah Nusantara

Editor Ihsan Abdulah Nusantara
views