_

Warga Belakang GOR Sulap Kampung Jadi Tempat Selfie

HNCK8306-730x487

JAMBI - Warga belakang Gedung Olahraga (GOR), RT 12 Kelurahan Andil Jaya, Kecamatan Jelutung Kota Jambi, tengah mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut kegiatan kampung Bantar, Jumat 27 Juli 2018.

Kampung Bantar dicanangkan sebagai kampung lingkungan sosial terpadu mandiri dengan ikon Bersih Aman dan Pintar. Warga tampak senantiasa menjaga semangat jiwa gotong royong, nilai-nilai agama, kesetiakawanan nasional, adat istiadat dan norma-norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa yang lebih berakhlak, beradat dan berbudaya.

Aksi bersih-bersih dilakukan warga sebagai persiapan, setiap sudut hingga ke tempat selokan pun turut disulap menjadi warna warni.  Mereka yang tersebar di sekeliling kawasan dengan penuh semangat, mereka ada yang menyapu, mencabuti rumput, hingga mengecat di sekeliling kawasan. Kerja keras dan kekompakan yang dilakukan ini akhirnya membuahkan hasil.

Suasana asri dan nyaman terlihat jelas ketika menginjakkan kaki di Kampung itu. Deretan tanaman sayur berjejer rapi di dipot-pot setiap teras rumah warga, mengisi ruang kosong yang ada untuk berbagai jenis tanaman pangan dan tanaman obat-obatan. Tempat pembuangan sampah tertata rapi disetiap sudut rumah warga.

Selain asri dan nyaman, ternyata juga disulap warga menjadi tempat selfie yang menarik dan mendebarkan. Tampak ada warga berdiri sambil ber-selfie ria di atas lukisan yang dibuat oleh warga setempat. Warga di lingkungan tersebut membuat lukisan disetiap petakan pagar, yang sebelumnya tampak kumuh dan menyeramkan. Warga memanfaatkan dengan mengecat tembok GOR tapi bukan tindakan vandalisme atau perusakan, tetapi menyulapnya menjadi indah.

"Kita sedang bersih-bersih untuk menyambut kegiatan besok ," kata Ketua RT setempat, Muswirda, Kamis (26/07/2018).

Untuk diketahui, Pemerintah setempat sengaja membuat program itu untuk kemasyarakatan yang bertujuan untuk mengurangi ketimpangan pembangunan antar wilayah, meningkatkan kualitas kesejahteraan dan meningkatkan kualitas perekonomian masyarakat, khususnya di lokasi RT Kampung Bantar.

Demi menjadikan suatu lingkungan perkampungan terkecil lingkup RT di masyarakat yang berwawasan lingkungan bersih dan sehat, tercukupinya fasilitas sanitasi sarana dan prasarana lingkungan memadai, permukiman layak huni dan tertata rapi (nyaman), aman dan tertib, tingkat kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang cukup baik (produktif).

Kemudian, masyarakat harus memiliki ruang terbuka hijau, bebas dari polusi, memiliki tingkat kesadaran dalam pemanfaatan lahan tidur untuk kebutuhan rumah tangga dan masyarakat.

Terakhir masyarakat harus memiliki sanitasi lingkungan yang sehat dan baik dan memiliki jiwa dan semangat gotong royong, serta nilai-nilai kesetiakawanan sosial dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Penulis : Ramadhani

 

Penulis Ramadhani

Editor Ihsan Abdullah
views