_

Yogyakarta Jadi Tuan Rumah Kejurnas Wushu Memperebutkan Piala Presiden

Wushu merupakan olah raga beladiri yang memadukan seni keindahan didalamnya. Dalam pertandingannya, wushu terbagi menjadi dua kategori yaitu Taolu dan Sanda.

HNCK8306-730x487
Kontingen wushu saat parade di GOR Amongrogo Yogyakarta

Gelanggang Olahraga (GOR) Amongrogo Yogyakarta akan menjadi saksi perhelatan akbar kejuaraan nasional (Kejurnas) Wushu Junior dan Senior memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI dan Piala Raja Yogyakarta, yang akan diselenggarakan mulai hari Kamis 29 Maret hingga Selasa 3 April 2018, setelah resmi dibuka oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang juga menjabat Ketua Umum PB Wushu Indonesia (PBWI).

Airlangga berharap dalam Kejurnas Wushu ini bisa melahirkan atlet-atlet nasional, yang nantinya akan menjadi pelapis para atlet Wushu senior. Dan dia juga berpesan agar para atlet yang mengikuti kejurnas ini bisa menjaga sportifitas selama bertanding. "Kejurnas Wushu bisa menjadi evaluasi dan penjaringan atlet nasional. Nantinya, atlet jebolan Kejurnas ini bisa menjadi pelapis atlet senior,” ujarnya.

Ketua Panitia Acara Sukeno mengakui bahwa DIY sebagai tuan rumah telah mempersiapkan acara kejurnas ini dengan maksimal. “Mulai dari pelaksanaan kirab di Malioboro hingga GOR Amongrogo, dan pelaksanaan acara kejurnas ini sendiri,” katanya.

Ditambahkan Sukeno, kejurnas yang melibatkan 26 kontingen dari 26 Propinsi di Indonesia  ini dapat disaksikan langsung oleh masyarakat tanpa dipungut biaya. “Pertandingan tiap harinya akan berlangsung dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB,” tambahnya.

Wakil Ketua PBWI DIY, Ellyn Subiyanti yang kali ini juga menjadi Penasehat dalam kepanitiaan acara kejurnas, menjelaskan DIY saat ini mengerahkan 44 atlet baik itu di taulo dan sanda. Sebanyak 30 atlet toulo dan 14 atlet sanda. Pada taulo terdiri dari 21 atlet junior dan 9 atlet senior. Sedangkan di sanda terdiri dari 1 atlet prajunior dan 6 junior, serta 7 senior. “Semuanya berasal dari Sasana Wushu Sinduadi, Mlati, Sleman,” katanya.

Ellyn juga berharap nantinya para juara dari perhelatan akbar ini akan dapat mengikuti even internasional seperti Sea Games pada bulan September 2018 mendatang.

Penulis IBRAHIM UMAR | oemarfm@gmail.com

Editor IBRAHIM UMAR
views