_

Zakaria: Secara Khusus Perekaman KTP El Bagi SAD Tidak Ada

HNCK8306-730x487
ilustrasi: Suku Anak Dalam

JAMBI - Jelang pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan Presiden dan wakil presiden, keberadaan KTP elektronik sangat penting karena sebagai dasar dan bukti seseorang boleh dan dapat menggunakan hak pilihnya. Bagi yang belum selesai atau terbit KTP El pun bisa menggunakan surat keterangan dari Dukcapil karena sudah melakukan proses perekaman. Sengeti 3/9/2018

Disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi Zakaria, bahwa proses perekaman KTP El sudah sekitar 98 persen.

"Kita sudah mencapai 98 persen perekaman KTP El, dan kita berproses terus hingga April 2019 harapannya sudah 100 persen", jelas Zakaria.

Disela sela menerima kunjungan kerja dari komisi ADPRD kota Magelang berserta Wawali Kota Magelang, 3 camat berserta 17 Lurah, Zakaria mengatakan kiat dan strategi untuk bisa melakukan perekaman KTP el Bagi Suku Anak Dalam.

Zakaria mengatakan bahwa untuk perekaman KTP Elektronik bagi Suku Anak Dalam  bekerjasama dengan Kepala Desa / perangkat desa dan DAI yang mendampingi Suku Anak Dalam. Mereka (SAD) yang sudah menetap pun berbaur dengan masyarakat umum. Perekaman KTP bagi Suku Anak Dalam yang belum menetap tidak bisa kita lakukan.

"Jadi DAI yang mendampingi ini selalu membantu dalam proses pengurusan kartu keluarga, Akta Kelahiran, mereka membawa data data dan kita terbitkan surat surat yang dibutuhkan", jelas Zakaria

Tambah Zakaria, Para DAI yang melakukan pendampingan ini sangat bersemangat sekali dalam membantu dan mendampingi SAD. Sedangkan untuk yang belum menetap menjadi kewenangan Dinas Sosial untuk memberikan kartu identitas, maka yang kita berikan KTP hanya yang sudah menetap yang belum ya, belum bisa kita berikan KTP, cetusnya.

Dalam Pernyataannya, Zakaria menegaskan, Suku Anak Dalam yang hidup berpindah pindah di dalam hutan di kabupaten Muaro Jambi, sebagian sudah menetap di beberapa desa namun perekaman KTP Elektronik tidak ada secara khusus bagi SAD. Namun pihak Dukcapil  melakukan perekaman KTP dengan cara jemput bola  di desa Matra Manunggal dan Markanding kecamatan Bahar Utara, begitu juga desa Nyogan kecamatan Mestong, dimana penduduk yang direkam termasuk penduduk Suku Anak Dalam. 

Penulis IHSAN ABDULAH NUSANTARA

Editor ABDULAH IHSAN
views