Dewan Sebut Empat Proyek Ini Layak Ditelusuri, Mensediar: Ada Kejanggalan


Proyek yang diduga terjadi kejanggalan di kabupaten Kerinci. Waktoe | istimewa

Proyek yang diduga terjadi kejanggalan di kabupaten Kerinci. Waktoe | istimewa

JAMBI - Pembangunan sejumlah proyek yang menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) di kabupaten Kerinci, mendapat sorotan dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kerinci. Ada beberapa proyek senilai Milyaran jadi sorotan Dewan diantaranya pembangunan Masjid Islamic Center, Rumdis Bupati, Kantor Bupati Bukit Tengah, Rumah Sakit Tipe D dan Kantor Camat Gunung Raya. Kerinci, 9 April 2020.

Anggota Komisi III DPRD Kerinci, Mensediar,  mengatakan kepada awak media bahwa pihaknya sudah turun ke  beberapa waktu lalu untuk cek sejumlah proyek di kabupaten Kerinci.

"Ya, kita sudah turun cek proyek seperti Masjid Islamic Center, lokasi rumdis bupati, kantor bupati bukit tengah, Rumah Sakit Tipe D,"ungkapnya.

Dari hasil Sidak di proyek Milyaran pada tahun 2020 tersebut, pihak Dewan menilai hasil proyek tersebut layak ditelusuri, karena ada kejanggalan.

"Sejumlah kegiatan yang dinilai layak untuk ditelusuri lebih lanjut, salah satunya RSU Tipe D di Ujung Ladang dan Masjid Islamic Center di Semurup, ditemukan pekerjaan yang belum tuntas", sebutnya.

Meski pelaksanaan pembangunannya belum tuntas. Namun, kata Mensediar, dana sudah dicairkan 100 persen.

"Kenapa pencairan bisa  100 persen, sementara pekerjaan masih terus dilaksanakan. Ini kan aneh", ungkapnya.

Terkait hal tersebut pihak Komisi III DPRD Kerinci akan melakukan Hearing dengan Dinas PUPR Kabupaten Kerinci untuk mempertanyakan Proyek tersebut.

"Namun kita tidak mau menduga-duga dulu, kita akan hearing dengan Dinas PU PR  untuk meminta penjelasan dulu. Sudah dijadwalkan Senin kemarin, Dinas Dinas PUPR minta dijadwal ulang karena bersamaan dgn pemeriksaan BPK", tandasnya.

Untuk diketahui rekanan yang mengerjakan proyek Islamic Center dikerjakan PT Halim Pratama Prakarsa dengan Nilai Rp 2,9 Milyar, Pengerjaan proyek Rumah Sakit tipe D ujung Ladang dikerja CV Purnama Jaya, Rumah Sakit Umum Tipe D di Bukit Kerman dikerjakan CV Gunung Bujang dengan nilai kontrak Rp 1,8 M, kemudian Kantor Camat Gunung Raya oleh CV Jambi Hulu Karya dengan Nilai kontrak Rp 1,3 M, sedangkan Rumah Dinas Bupati Rp 2 M.