MEMILIH WAKTOE SEBAGAI NAMA KANTOR BERITA


WAKTOE, nama kantor berita terilhami atas tridaya atau siklus waktu tentang urutan kejadian yang sejatinya yaitu cipta, rasa dan karsa yang merupakan power of mind atau kekuatan pikiran.

WAKTOE, nama kantor berita terilhami atas tridaya atau siklus waktu tentang urutan kejadian yang sejatinya yaitu cipta, rasa dan karsa yang merupakan power of mind atau kekuatan pikiran.

WAKTOE, nama kantor berita terilhami atas tridaya atau siklus waktu tentang urutan kejadian yang sejatinya yaitu cipta, rasa dan karsa yang merupakan power of mind atau kekuatan pikiran.

Kantor Berita WAKTOE berharap memiliki kekuatan maha dahsyat yang ada pada diri pengelolanya dari pimpinan hingga staf yang memiliki kekuatan cipta, rasa dan rarsa (kehendak). Kekuatan inilah yang menggerakkan setiap aktifitas yang kita lakukan setiap hari mulai dari bangun tidur yaitu saat pertama kali kaki menginjak tanah/lantai hingga saat ketika kita melepas semua kepenatan hidup dan membaringkan tubuh kita untuk tertidur lelap.

Cipta ialah kekuatan yang membuat gambar-gambar terhadap rencana dan segala sesuatu yang telah terjadi berupa citraan (gambaran) yang ada di benak kita.

Kemudian rasa ialah kekuatan halus yang menyelimuti dan menyatu dari setiap gambar-gambar atau citraan terhadap segala sesuatu yang membawa kesan, hal ini sering kita namakan perasaan (emosi pribadi).

Dan yang terakhir adalah karsa atau kehendak/tekad. Inilah kekuatan yang menggerakkan segala cipta dan rasa itu menjadi terlaksana.

Dalam bukunya Karya Agung, Ki Ageng Nitiprana menjelaskan bahwa sangat sulit untuk menentukan dari ketiga daya ini yang bergerak lebih dahulu. Memang ada kalanya Cipta, adakalanya Rasa, tapi ada kalanya juga karsa/tekad yang menggerakkan kekuatan-kekuatan yang menimbulkan pekerti dalam diri kita.

Hampir setiap hari, setiap waktu kita menggunakan kekuatan tridaya. Apabila kita mampu mengelolanya dengan baik sehingga mampu memanunggalkan tridaya tersebut, maka tidak ada yang tidak mungkin dalam hidup ini. Kita adalah mahluk yang paling sempurna, dan mendapat mandat sebagai khalifah-Nya. Maka kita dan Tuhan berkreasi bersama di Bumi ini untuk kemajuan dan keharmonisan alam semesta.

Secara singkat dapat dikatakan, cipta berarti keinginan menciptakan sesuatu (tahap awal berada dalam pikiran). Dibutuhkan kekuatan visualisasi atau daya cipta terhadap keinginan itu.

Tahap berikutnya adalah rasa atau merasakan sesuatu yang tercipta dalam pikiran. Sesuatu yang kita ciptakan dalam pikiran seolah-olah sudah maujud dan kita dapat merasakan kehadirannya.

Setelah sesuatu tercipta dalam pikiran yang disusul dengan merasakan hasil ciptaannya, maka dilanjutkan dengan karsa atau berupaya mewujudkan keinginan tersebut secara nyata, sehingga dapat dilihat, disentuh dan dimanfaatkan (berdaya guna).

Kantor Berita WAKTOE | WAKTOE. COM - WAKTOE.ID

WAKTOE sebagai kantor berita pembawa perubahan di dalam design layout, grafis visual, didukung bahasa teks dan kekuatan bahasa visualnya. Media yang mampu sebagai barometer para wartawannya bahkan di media lain, tumbuh dan berkembang menjadi pewarta tekstual dan bergambar.

Berita baik teks maupun bergambar menjadi pustaka yang mampu merekam berbagai aspek cultural, geopolitik, alam dan lingkungan, pendidikan, kesehatan yang menjadi kebutuhan publik sebagai newsletter di lingkup keilmuan atau sebagai bacaan bermutu.

Bank foto yang dirintis oleh kantor berita WAKTOE merupakan kebutuhan dari perkembangan masyarakat yang terus tumbuh secara heterogen dan kritis.

Essai dan indepth merupakan gaya penulisan kantor berita WAKTOE di dalam aktualisasinya, investigasi dan riset visual, pustaka berjalan berupa (fikser dan data) diletakkan sebagai metode terdepan. Dan foto, grafis ditampilkan untuk mengurangi kejenuhan pembacanya.

Tampilan WAKTOE menitikberatkan pada investigasi bahasa visual dan teks agar tidak terjebak kedalam pemahaman sempit dan kerdil. Kantor Berita WAKTOE berharap turut dan mampu membina terbangunnya sifat kultural dan ilmiah dikalangan masyarakat secara memadai dalam kerangka kritis dan membangun.

Tags