Terpasang Jaringan Internet, Pelajar Girpasang Bisa Belajar Daring


Para pelajar dukuh Girpasang Mencoba koneksifitas internet yang baru terpasang

Para pelajar dukuh Girpasang Mencoba koneksifitas internet yang baru terpasang

SOLO - Para pelajar dukuh  Girpasang, Tegalmulyo, Kemalang yang dikenal sebagai perkampungan tertinggi di Klaten akhirnya bisa bernafas lega.  Harapannya untuk belajar daring dengan fasilitas internet gratis dari pemerintah kini menjadi kenyataan.  Klaten, 25 Oktober 2020.

Melalui Dinas Komunikasi Informatika Klaten disokong Kodim 0723 Klaten, relawan dan komunitas, Sabtu siang (24/10/20) sekitar jam 11.00 Wib seperangkat fasilitas wifi bisa dipasang petugas di empat titik sehingga fasilitas internet itu bisa digunakan para pelajar Girpasang belajar daring.

Titik pemasangan meliputi gardu pandang, masjid, pendopo RT dan tebing atau puncak tertinggi perkampungan warga.

Babinsa Desa Tegalmulyo, Kemalang Serda Wibowo yang membersamai 50 rombongan Dinas Kominfo, relawan dan komunitas mewakili Kodim 0723 Klaten sangat berterima kasih atas perhatian pemerintah memasang fasilitas wifi membantu pelajar Girpasang belajar daring.

“Di Girpasang ada 12 pelajar baik SD, SMP dan SMA. Mereka tidak harus turun jauh untuk mencari kuota.  Wifi gratis ini sangat membantu para pelajar di sini.  Kami mengucapkan terima kasih Dinas Kominfo Klaten, Komunitas Scooter Klaten (KSK), Sedulur Pit Klaten, Bike To Work (B2W) Klaten, NSCC dan Youtuber Klaten membantu warga di sini” ungkap Serda Wibowo.

Wibowo menambahkan selain memudahkan belajar daring di saat masa pandemi, pemasangan wifi gratis juga  membantu warga Girpasang untuk mengakses  informasi. 

Diharapkan akhirnya warga  semakin meningkat pendidikan dan ekonomi dan tidak tertinggal dengan warga desa lainnya.
Ketua KSK sekaligus Sekretaris Dinas Kominfo Klaten Rizqan Iryawan menjelaskan bahwa pemasangan wifi ini berawal dari usulan rekan-rekan sepeda Klaten. Kebetulan TNI berulang tahun ke - 75 sekalian diajak bergabung.

“Di Dusun Girpasang belum ada jaringan internet yang masuk. Kami berkolaborasi Kodim 0723, B2W, SPK, NSCC,  Kobel, Stratos, KSK,dan Youtuber agar  jaringan internet masuk di Girpasang. Alhamdulillah  Diskominfo dengan tim lapangan membantu sehingga pemasangan wifi ini cepat terlaksana” jelas Rizqan.

Rizqan berharap para pelajar Girpasang baik  SD, SMP hingga SMA  bisa belajar dengan baik. Mereka tidak perlu lagi harus repot atau membeli kuota data dengan biaya yang mahal, sekedar untuk pembelajaran daring selama pandemi.